Pages

Sabtu, 01 November 2014

Cara pasang klakson aftermarket pada motor

Cara pasang klakson keong / klakson mobil pada motor agar suara yang di hasilkannya tambah lantang, pertama-tama Anda siapkan dulu bahannya :
1.             Tentunya klakson yang akan kita aplikasikan pada motor kia
2.             Relay + Acc ( terminal ring 10mm 1pcs untuk ke positif (+) Accu dan terminal socket untuk kaki relay 4pcs ( ori non ori sama saja harganya )
3.             Kabel ( lebih Tebal labih baik ), panjangnya tergantung jarak dimana Anda menempatkan klakson ke Accu pada kendaraan Anda
4.             Sikring / Fuse ( 10A saja ) + kotaknya / tempatnya ( biasanya sudah tersedia kabel untuk penyambungannya )
Oke, kita lanjut ke tahap pengerjaannya
1.             Perhatikan Area kaki relay, disetiap kaki ada angka yang akan kita gunakan sebagai pengenal arus listrik. Angka 30 pada kaki relay, Anda sambukngkan ke sikring dan dari sikring ke positif (+)Accu , saran Saya, gunakanlah kabel yang lebih tebal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2.             Angka 85 dan 86 sambungkan ke Saklar Klakson ( terbalik tak masalah ). 
3.             Coba tekan tombol atau saklar klakson anda, jika saklar terdengar berdetak atau terasa ada hentakan ( jika relay dipegang ), itu tandanya pemasangan benar dan siap ke tahap berikutnya. jika tidak, cek pada Accu, Sikring, Sambungan dan Relay Anda.
4.             Terakhir, Angka 87, sambungkan ke salah satu kaki Klakson, kalau ada tanda positif sambungkan ke positifnya ( Gunakan juga kabel yang lebih tebal ) dan untuk kaki klakson yang satunya sambungkan ke rangka motor ( masa ).
5.             Selesai tinggal Anda test dan merapihkan jalur-jalur kabelnya. 

Perhatikan pada tiap-tiapsambungan, jangan ada celah untuk air masuk, terutama di bagia relay. Jika air masuk ke dalam relay bisa-bisa relay anda konslet dan harus ganti.


Cara ini memang yang paling simpel dan paling awet menurut saya, selama 7 bulan ini saya belum mengalami kerusakan, baik dari accu, kabel-kabel, sikring maupun saklar atau kontak klakson pada hobit ( honda beat ) saya.

Oke sobat Bikers Itulah sedikit Tips Cara pasang klakson keong / klakson mobil pada Kuda besi Anda.
Mungkin para Master atau Sobat ada trik n tips yang lebih ampuh lagi?, monggo ditambahkan.

Sumber : http://juri59.blogspot.com/2013/11/cara-pasang-klakson-keong-klakson-mobil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar