Pages

Sabtu, 01 November 2014

Go Green!

Pada era kepemimpinan pak SBY rasanya sudah sering kita dengan gerakan penanaman 1 milyar pohon karena aksi ini dilaksanakan setiap tahun  Sebagai wujud dukungan gerakan ini mulai dari LSM, instansi pemerintah maupun instansi swasta melaksanakan program ini dengan judul gerakan yang bermacam – macam. Ada yang Gerakan penanaman 1000 pohon, Gerakan menanam 10000 pohon, bahkan ada yang namanya Gerakan penanaman Sejuta Pohon. Seandainya apa yang diprogramkan pak SBY ini dilaksanakan sesuai dengan aturan penanaman yang benar, niscaya sudah ada milyaran pohon yang hidup. Tetapi sudah berapa lama program ini dilaksanakan, kondisi lingkungan juga tidak bertambah baik. Hal ini karena gerakan atau aksi – aksi yang dilaksanakan lebih banyak mengarah ke seremonial belaka. Tujuan utamanya bukan untuk melestarikan lingkungan akan tetapi lebih ke arah “cari muka”. Tujuannya hanyalah supaya LSM atau Instansi – instansi tersebut peduli terhadap lingkungan sehingga bisa menambah nilai plus dimata para relasi.
Melihat kenyataan seperti ini, seyogyanya kesadaran terhadap pelestarian lingkungan dengan penanaman pohon dimulai dari diri kita sendiri. Tidak perlu terlalu muluk dengan slogan “Menanam 1000 pohon bahkan sejuta pohon”. Cukup kita tanam 1 atau 2 pohon setiap orang. Kita bisa tanam di halaman rumah atau pekarangan belakang rumah kita. Kita juga bisa tanam di pinggir jalan lingkungan kita. Kalaupun tidak punya halaman, bertanam di pot juga tidak apa setidak – tidaknya bisa untuk mengurangi emisi gas karbon. Kita rawat tanaman dengan baik dengan tanpa pamrih supaya dipuji orang. Niscaya dengan ini akan lebih berarti daripada gerakan atau aksi yang muluk – muluk tapi minim hasil.
Sekarang ini di mana banyak orang yang melakukan gerakan besar tapi dengan semangat kecil, marilah kita melakukan gerakan yang meskipun kecil tapi dengan semangat besar.


Sumber : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/02/26/gerakan-tanam-pohon-sebaiknya-dimulai-dari-diri-sendiri-537248.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar